Kabar Langsung dari Arafah

Kategori : Haji, Berita, Ditulis pada : 27 Juni 2023, 14:41:53

Bulan Dzulhijjah adalah bulan yang istimewa, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa bulan ini adalah bulan yang disucikan. Banyak amalan yang bisa kita raih di bulan ini, puasa, berqurban, dan yang paling istimewa adalah momen keberangkatan Haji. Bulan ini juga disebut bulan haji karena dianggap sebagai salah satu bulan yang dianggap sebagai musim haji.

Tetapi bulan Dzulhijjah lah yang dianggap sebagai bulan puncak Haji. Dimana ibadah Haji berlangsunng dari 1 hingga 10 Dzulhijjah. Diantara sepuluh hari tersebut, 9 Dzulhijjah dikenal sebagai hari Arafah, dan di hari inilah para jemaah Haji melakukan “Wukuf”. Lalu, apa itu wukuf?

الحجُّ عرفةُ , فمن اَدْرَكَ لَيْلَةَ عرفةَ قبلَ طُلُوْعِ الفَجْرِ من ليلةِ جُمَعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّـهُ

Artinya: "Haji adalah (wukuf di) Arafah. Siapa yang datang (di Arafah) pada hari Nahar malam sebelum fajar terbit, dia terhitung melakukan wukuf." (HR Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, Nasai dan Ibnu Majah).

Wukuf di Arafah merupakan rukun haji mutlak, yang menentukan sah tidaknya ibadah haji bagi seseorang. Sehingga, wukuf menjadi rukun yang harus dijalankan bagaimana pun kondisi jamaah haji.
The Story Behind the Stoning in Hajj _ About Islam (1).jpeg

(Momen jutaan jamaah Haji melaksanakaf wukuf di Padang Arafah)

Wukuf adalah puncak haji, dimana seluruh jamaah Haji berkumpul di satu tempat , yaitu Padang Arafah. Jika dikaitkan dengan thawaf, yang diwarnai dengan gerakan, wukuf mengisyaratkan bahwa suatu saat gerakan itu akan berhenti. Jantung manusia suatu saat akan berhenti berdetak, matanya akan berhenti berkedip, kaki dan tangannya akan berhenti melangkah dan bergeliat.

Waktu pelaksanaan wukuf adalah pada 9 Zulhijah. Wukuf dilakukan sejak matahari sudah tergelincir atau bergeser dari tengah hari (pukul 12 siang) hingga masuk waktu Maghrib.
 
Setelah itu, jemaah akan bermalam di Muzdalifah hingga terbit fajar pada hari nahr (10 Zulhijah).

 

Akan ada jutaan jamaah Haji yang akan melaksanakan wukuf ini, lalu bagaimana umat islam yang tidak dapat melaksanakan haji?

Bagi umat islam yang tidak dapat melaksanakan haji, di sunah kan untuk berpuasa. Tetapi, apa anda sebagai umat islam yang belum dapat melaksanakan haji tidak dapat melihat kondisi dan suasana ketika jutaan orang melakukan wukuf?

Tentu saja tidak, hari ini 27 Juni 2023 waktu Indonesia adalah dimana menjadi waktu para jamaah haji akan melakukan wukuf di Padang Arafah. Kini, anda bisa melihat suasana dan betapa khidmatnya ibadah yang menjadi rukun wajib Haji ini.

PHOTO-2023-06-27-14-09-49.jpg

(Assalamualaikum
Insyaallah kita akan *Live kembali*

Live instagram

_KHUTBAH WUKUF_

Selasa 27 Juni 2023
17:00 WIB - Selesai

Langsung dari ARAFAH

Bersama:

*H.Dodi Sudrajat*
(Direktur Utama PT.Dago Wisata Internasional)

*Ust. Iwan Sofyan Andi*
(Pembimbing Ibadah Umroh & Haji PT. Dago Wisata Internasional)

LIVE di Instagram *@dagowisata* (Dago Wisata Internasional)

Instagram @Dagowisata dan @Haji.dagowisata akan melaksanakan siaran langsung bersama. Untuk memperlihatkan bagaimana suasana dan kondisi ketika jamaah Haji Wukuf. Pukul 17.00 menjadi waktu untuk anda bisa melihat suasana disana. Spesial untuk anda, kini bisa melihat bagaimana ibadah dan khutbah wukuf ini berlangsung.

Dengan diadakanya siaran langsung ini, semoga anda secepatnya berkunjung dan menjadi salah satu jamaah yang dapat melaksanakan wukuf di Padang Arafah ini, amin.

 

(Muhammad Fauzi,2023)

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id