Menikmati Bulan Haji dengan Berqurban

Kategori : Features, Ditulis pada : 28 Juni 2023, 15:08:38

29 Juni menjadi tanggal yang ditetapkan untuk melaksanakan ibadah idul adha pada tahun ini. Hari raya yang ada atas peristiwa keimanan yang hebat dari Nabi Ibrahim AS. Wahyu yang disampaikan lewat mimpi ini,  dimana Nabi Ibrahim terus bermimpi mengorbankan putranya Ismail.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعْىَ قَالَ يَـٰبُنَىَّ إِنِّىٓ أَرَىٰ فِى ٱلْمَنَامِ أَنِّىٓ أَذْبَحُكَ فَٱنظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَـٰٓأَبَتِ ٱفْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّـٰبِرِينَ ١٠٢

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". (QS. AS SAAFFAAT 37:102)

Nabi Ibrahim AS tunduk pada perintah Allah SWT dan akan menyembelih putranya sebagai bentuk ketaatan kepada sang Maha Pencipta. Selama persiapan, Iblis (Setan) menggoda Ibrahim dan keluarganya dengan mencoba menghalangi mereka untuk melaksanakan perintah Tuhan, dan Ibrahim mengusir Iblis dengan melemparkan kerikil ke arahnya. Untuk memperingati penolakan mereka terhadap Iblis, selama ritus haji, batu dilemparkan ke pilar simbolis, melambangkan tempat Iblis mencoba menghalangi Ibraham.

Mengakui bahwa Ibrahim bersedia mengorbankan apa yang disayanginya, Tuhan menghormati Ibrahim dan Ismail. Malaikat Jibril memanggil Ibrahim, "Wahai Ibrahim, kamu telah memenuhi wahyu." dan seekor anak domba dari surga dipersembahkan oleh Malaikat Jibril kepada nabi Ibrahim untuk disembelih sebagai pengganti Ismail. Peristiwa inilah yang yang menjadikan setiap tahun adanya sunah qurban.

Bagaimana hari raya Idul Adha dirayakan?

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ
Artinya: Maka laksanakan lah salat karena Tuhanmu, dan berkurban lah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)

Lakukan solat Idul Adha dan bagi yang memiliki kelapangan rezeki laksanakan sunah qurban sebagaimana, sesuai dengan kisah Nabi Ibrahim AS.

29-06-23-idul adha.jpg

PT. Dago Wisata Internasional mengucapkan:

Selamat hari raya Idul Adha 1444 H/2023.

Idul Adha mengajarkan arti kehidupan yang luar biasa, yaitu nilai pengorbanan dan cinta yang amat besar kepada Allah SWT.

Semoga kita terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik
dan meningkatnya kepedulian kita terhadap sesama
saudara muslim. Aamiin.



Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id