3 Alasan Harus Pergi ke Uzbekistan

Kategori : Features, Ditulis pada : 14 September 2023, 13:40:45

Benua Asia rasanya tidak henti-henti memberikan Keunikan, Keindahan dan Sejarah kental tehadap islam, Uzbekistan adalah salah satu negara Asia Tengah yang sedang naik daun belakangan ini. Disebut sebagai Mutiara tersembunyi di Asia, keindahan dan keunikan negara ini mulai dilirik para wisatawan muslim banyak sekali bangunan-bangunan kuno yang bersejarah berkaitan dengan islam. Berikut ini 3 Alasan sahabat dawis harus berkunjung ke Uzbekistan :

  • Bebas Visa

Untuk berkunjung kesini bagi sahabat dawis pemegang paspor Indonesia gaperlu ribet lagi ngurusin dokumen untuk visa, Uzbekistan sudah bebas Visa bagi  pemegang paspor Indonesia jadi gaperlu pusing mikirin persyaratan dokumen visa.

  • Banyak Sejarah Islam

Bagi para wisatawan muslim Uzbekistan harus masuk bucketlist nih… banyak sekali Sejarah islam di beberapa wilayah Uzbekistan yang sayang banget dilewatkan apa aja ya? Yu kita lihat:

  1. Tashkent

Picture1.jpg

Tashkent sendiri merupakan salah satu kota bersejarah yang kalau dihitung dari sejak berdirinya sudah lebih dari 20 abad usianya. Tidak seperti kota-kota di Asia Tengah lainnya, Tashkent kaya akan monumen-monumen arkeologi. Bayangkan sepuluh  tahun   yang   lalu   hanya ditemukan 39 situs arkeologi, tapi sekarang ini ditemukan lebih dari 200 monumen arkeologi yang tersebar di penjuru kota yang dulunya pernah menjadi tempat perpotongan jalur Jalan Sutera ke Almaty di Kazakhstan atau menuju Kashgar di Cina. Chimgan/Amirsoy Destinasi Wisata Musim Dingin/Semi yang Memesona Terletak di Taman Nasional Ugam Chatkal di sebelah tenggara Tashkent, Chimgan menawarkan petualangan outdoor yang memesona. Menyatu dengan danau Charwak (Chorvok), Chimgan menyuguhkan pemandangan alam dengan kombinasi memesona. Sebagian wisatawan asing menyebutnya mirip panorama pegunungan Swiss. Semuanya itu dapat dinikmati dengan hanya 2 jam berkendara dari Tashkent.

  1. Bukhara

Picture3.jpgKota tua ini terlihat begitu cantik saat matahari mulai redup di peraduannya, dimana penduduk kota berkumpul untuk mencari angin di sekeliling Lyabi Hauz, kolam besar yang dikelilingi oleh pohon-pohon mulberi tua. Namun Bukhara bukan hanya terkenal dengan Kota Tua- nya saja. Salah satu bangunan yang dihormati di kota ini adalah Mausoleum Ismail Samani yang dianggap berjasa memajukan kota Bukhara sebagai pemimpin dinasti Samanid yang terkenal. Bangunan yang paling mengagumkan di kota ini adalah Citadel Ark yang konon dibangun sejak tahun ke-3 sebelum Masehi. Dan juga menara Kalon yang dibangun pada tahun 1127 setinggi 47 meter dan menjadi minaret tertinggi di Uzbekistan. Juga tak kalah uniknya adalah Chor Minor, bangunan berupa gerbang yang dihiasi dengan empat menara di atasnya. Selain itu, Bukhara juga dikenal sebagai kota kelahiran Imam Al-Bukhari, penulis hadits yang menjadi panduan terpenting kedua setelah kita suci Al’Quran bagi umat beragama Islam dan Ibn Sina, bapak kedokteran modern. Tarekat yang cukup besar dan pengikutnya cukup banyak di dunia, yaitu Tarekat Naqshabandi juga berasal dari kota Bukhara. Ini menjadi tanda betapa majunya tingkat ilmu pengetahuan di kota ini di berabad-abad yang lalu.

  1. Samarkand

Picture4.png

Samarkand sama seperti kota Roma, Athena, atau Babylon yang sudah berumur lebih dari 2500 tahun. Salah satu tokoh yang menjadikan Samarkand terkenal di abad pertengahan adalah Amir Temur atau Tamerlane. Seperti Alexander Agung dan Jenghiz Khan, Amir Temur dikenal sebagai seorang panglima perang yang berani. Kekuasaanya melingkupi hampir seluruh Asia Tengah, Barat, dan Selatan. Karena letaknya yang strategis, Amir Temur menjadikan Samarkand sebagai ibukota kerajaannya. Di periode kejayaannya, ia mengumpulkan arsitek- arsitek kenamaan untuk membangun dan memperindah Samarkand. Amir Temur pernah menguasai 27 negara.

Ibu kota 27 negara di atas pernah menjadi kota Samarkand pada abad ke14-15 Amir temur pernah mengatakan:“Jika anda ingin melihat kejayaan dan kehebatan kami, datanglah ke kota Samarkand. Rasakan kehebatan dan keindahannya melalui mata dan jiwa anda.” Tokoh paling terkenal dari Samarkand adalah Gur Emir, makamnya Amir Timur dan putra mahkota besertaanggota kerajaannya dimakamkan. Tampak terlihat mausoleum Amir Timur yang terbuat dari pahatan halus batu  onyx berwarna hitam mengkilat. Salah satu sepupu Nabi Muhammad SAW juga dimakamkan di Samarkand. Nama beliau Qusam ibn Abbas atau Shakhi-Zinda (Raja yang masih hidup) yang letaknya berada diatas bukit dan terdiri dari berbagai mausoleum yang  bangunannya  masih   tertata   dengan   rapih   bak sebuah kota kecil di atas bukit. Untuk umat Islam mausoleum perawi hadits terkenal Imam al- Bukhari adalah tempat utama kalau berkunjung  ke negara Uzbekistan. Pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev mengundang Soekarno datang ke Moskow. Nikita ingin memperlihatkan pada Amerika Serikat kalau Indonesia berada di belakang Blok Timur. Saat itu dunia memang sedang memanas antara persaingan negara Blok Barat, AS dan sekutunya, melawan Uni Soviet. Soekarno menghadapi dilema. Dia tidak ingin menunjukkan kalau Indonesia bisa diatur Soviet. Maka Soekarno membuat strategi. "Tuan Khrushchev, saya bersedia datang ke Moscow. Tapi ada syaratnya, temukan makam Imam Bukhari, perawi hadis terkenal. Tentu saja Khrushchev yang komunis tulen bingung. Siapa Imam Bukhari? Pikirnya. Khrushchevpun meminta   Soekarno   mengganti syaratnya, tapi Soekarno menolak. Maka pemerintah komunis   Uni Soviet mati-matian mencari makam ulama besar Islam ini. Bukan perkara mudah,   Khrushchev   pun   hampir   menyerah.

Dia   lagi-lagi menawar syarat dari Soekarno. Tapi Soekarno bersikeras Soviet harus menemukan makam Imam Bukhari.  Akhirnya, mereka berhasil menemukan lokasi makam Imam Bukhari. Di Samarkand harus dikunjungi kompleks tiga madrasah bernama Registan. Tempat ini menjadi tempat berdirinya bangunan berarsitektur terindah di seluruh penjuru Asia Tengah. Tak jauh dari The Registan terletak Masjid Bibi Khanum yang dari kejauhan seakan berdiri tinggi di atas kota Samarkand bak sebuah siluet dengan kubah berwarna birunya yang tegak menengadah ke langit. Di masanya, masjid ini  adalah masjid  dengan kubah terbesar. Masjid yang dibangun dengan bahan dasar batu pualam putih yang indah ini didirikan dengan biaya besar pada tahun 1399 oleh Amir Timur untuk menghormati istri kesayangannya.Tidak lengkap rasanya mengunjungi Samarkand tanpa berkunjung ke pasar Siyob. Siyob sebetulnya adalah pasar buah, sayuran dan rempah-rempah yang menjadi pusat perdagangan penduduk   lokal   dan banyak dikunjungi oleh turis-turis asing karena keunikannya. Roti Samarkand menjadi salah satu komoditas yang paling dikenal di kota ini. Bentuknya yang bundar, berat, dan keras karena terbuat dari campuran gandum dan tepung jagung, sudah dikenal orang sejak peradaban di Jalur Sutera dahulu kala dan menjadi keharusan bagi kafilah-kafilah karavan untuk membawanya sebagai bekal perjalanan mengarungi padang gurun.

  • Jangan Hawatir Terkait makanan halal

Hampir 90% masyarakat Uzbekistan mayoritas beragama Muslim jadi gaperlu khawatir untuk mencari makanan halal di Uzbekistan selain itu sahabat dawis harus nih mencoba makanan khas uzbekistan yaitu :

  1. Palov 

Palov

Makanan yang satu ini memiliki nama lain Plov atau Osh atau Pilaf. Makanan khas Uzbekistan ini merupakan hidangan utama yang bahan utamanya ialah nasi dan potongan daging kambing/domba. Bahan campurannya yakni wortel parut dan bawang, buncis, kismis, dan barberries. Palov sendiri sebenarnya ada beragam diantaranya Kovurma Palov, Behili Palov, Sarimsokli Palov, Mayizli Palov, Sofakli Palov, Kovatok Palov, Nuhatli Palov, dan Tovukli Palov. Meskipun makanan ini sering disiapkan di rumah untuk keluarga dan tamu, makanan ini juga sering disajikan dalam perayaan-perayaan maupun acara khusus seperti pernikahan.

    2. Mastava

MastavaSoup populer lainnya dari Uzbekistan adalah mastava yaitu soup yang bahan-bahannya antara lain daging sapi, wortel, beras, kentang, tomat (pasta), daun ketumbar. Dipoles dengan krim asam dan lada ditambahkan saat disajikan.

    3. Dolmas

Dolmas

Makanan khas Uzbekistan yang satu ini berbahan dasar daging kambing atau daging sapi yang telah digiling dan dicampur dengan bawang, garam, lada merah dan lada hitam. Masukan sedikit daging sebagai isian ke lembaran-lembaran daun anggur muda. Lalu gulung dan ikat dengan benang. Masak susunan dolmas dalam panci besar, tambahkan air, mentega, dan rempah-rempah lainnya.

 

Nahh 3 alasan tersebut akan membuat sahabat dawis cepet jatuh cinta deh sama destinasi dan keunikan di Uzbekistan... Yukk segera daftar paket Umroh+Uzbekistan kita kalo sahabat dawis pengen merasakan keindahan dan keuinikannya secara langsung 

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id