Report! Kondisi Terkini Jamaah Umrah Reguler

Kategori : Umrah, Features, Ditulis pada : 31 Juli 2023, 16:22:34

Bulan juli menjadi waktu dimana adanya keberangkatan untuk para jamaah dari Dago Wisata. Tanggal 26 dan 27 Juli menjadi tanggal keberangkatan dari jamaah Umrah dari Dago Wisata. Dengan jumlah 439 orang yang terbang dari Bandara Soekarno Hatta memperlihatkan bahwa tinggi sekali kepercayaan terhadap Dago Wisata sebagai agen travel umroh di Indonesia.

BAE77228-514B-4603-86DC-361B4956FB96.jpeg

(Momen jamaah melakukan qiyamulail di Masjidil Haram)

Lalu, saat ini ( Senin, 31 July 2023) ratusan jamaah umroh dari Dago Wisata sedang melaksanakan apa?

Qiyamulail, memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram, melaksanakan Umrah ke 2 & Mekkah city tour akan menjadi agenda yang akan dilakukan pada hari ini oleh para jamaah umrah Dago Wisata tanggal keberangkatan 26 juli, sedangkan 27 juli sedikit berbeda pada kegiatan Mekkah City tour nya saja, karena mereka akan diberikan free time untuk mungkin membeli oleh oleh ataupun beristirahat.

Mari kita bahas tentang apa itu qiyamulail. qiyamul lail adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan serangkaian ibadah di malam hari dalam agama Islam. Secara harfiah, qiyamul lail terdiri dari dua kata, yang pertama qiyam artinya berdiri dan lail artinya malam. Jadi, qiyamul lail secara harfiah dapat disimpulkan menjadi berdiri di waktu malam.

Adapun semua rangkaian amalan sunah yang dilakukan pada malam hari, termasuk qiyamul lail. Hal ini seperti ibadah sholat tahajud, sholat tarawih, sholat witir, sholat hajat, sholat taubat, dan yang lainnya. 

والنفل المطلق بالليل أفضل منه بالنهار ومن النفل المطلق قيام الليل وإذا كان بعد نوم ولو في وقت المغرب وبعد فعل العشاء تقديما يسمى تهجدا

Artinya: Shalat sunah mutlak di malam hari lebih utama daripada shalat sunah mutlak di siang hari. Salah satu shalat sunah mutlak adalah shalat qiyamul lail. Bila qiyamul lail dilakukan setelah tidur, sekalipun hanya tidur di waktu Magrib atau setelah shalat Isya yang ditaqdim dengan Magrib, maka shalat malam itu disebut tahajud. (Syekh Nawawi Banten, Nihayatuz Zain)

Tentu saja kegiatan ibadah akan sangat dimaksimalkan setiap harinya Ketika sedang di tanah suci. Tapi kegiatan wisata religi juga akan dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat di kota Mekkah.

0ABAECD6-5CC6-48C7-BA37-8CE259295595.jpeg(Bus yang akan digunakan untuk Mekkah city tour)

Jabal Tsur, Padang Arafah dan Jabal Rahmah tempat tempat yang memiliki sejarah sangat penting untuk perkembangan umat islam. Daerah terbuka di daerah Mekkah dan Mina, tempat bermalamnya jamaah haji sebelum bertolak ke arafah pun akan dikunjungi oleh para jamaah Umrah reguler dari Dago Wisata ini.

Akan ada 4 hari kedepan sebelum para jamaah kembali pulang ke tanah air. Mari kita doakan untuk para jamaah yang sedang beribadah umrah di tanah suci, agar selalu diberi Kesehatan dan kelancaran, amin.

 

Muhammad Fauzi, 2023

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id