Cara Agar Konsisten Menabung Untuk Umrah Selama Pandemi

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 10 Agustus 2022, 14:57:56

Pandemi memang belum berakhir, namun kita semua berdoa semoga kita bisa segera berangkat umrah di kondisi new normal ini. Salah satu cara untuk menjaga niat baik kita untuk melaksanakan ibadah umrah adalah dengan menyiapkan tabungan untuk umrah saat pandemi berlangsung, dan menyegerakan untuk umrah bila ada kesempatan untuk berangkat ke tanah suci.

bady-abbas-67GC0YaeGQc-unsplash.jpg

Photo by bady abbas on Unsplash

Nah, dalam artikel ini kami akan membagikan cara bagaimana supaya Anda bisa konsisten menabung untuk umrah nantinya. Semoga tips ini bermanfaat!

Menentukan Budget dan Jumlah Tabungan

Langkah pertama dalam menabung untuk biaya umrah adalah dengan menentukan anggaran. Tentu saja, Anda harus mengetahui kisaran biaya untuk berangkat umrah. Bukan hanya biaya tiket dan sebagainya, tetapi juga termasuk uang saku, biaya lain-lain seperti pembuatan paspor dan vaksin. Jangan lupa saat new normal ini, Anda akan dibebankan biaya tes PCR, biaya hotel karantina dan lain-lain. Jumlahnya tentu tak sama dengan umrah di masa sebelum pandemi.

Anda bisa mencari tahu dengan bertanya kepada orang yang sudah pernah berangkat umrah saat pandemi ini, atau dengan browsing di internet mengenai kisaran biayanya. Dengan demikian, Anda dapat menentukan jumlah tabungan yang cukup untuk biaya umrah.

Mencari Info Tentang Paket Umrah di Web

Cara termudah untuk menemukan angka tabungan yang Anda perlukan untuk ibadah umrah adalah dengan mencari informasi tentang paket umrah di website travel. Seperti yang sedang Anda lakukan sekarang ini, Anda bisa sekalian mencari informasi harga paket umrah yang sesuai dengan kemampuan Anda melalui web.

Mengapa harus di web? Karena bila Anda mencari hanya lewat sosial media saja, Anda bisa saja memperoleh informasi yang salah dari travel yang tidak terpercaya. Oleh karena itu, Anda harus jeli & teliti saat mencari informasi tentang paket umrah yang akan Anda beli.

Mencari Informasi Tentang Tabungan Umrah

Selain mencari informasi harga paket umrah, Anda juga bisa mencari info tentang tabungan umrah. Ada kalanya travel memberikan program tabungan untuk umrah. Selain program tabungan, juga ada program cicilan. Anda bisa bertanya kepada travel apakah ada program tersebut di travel tempat Anda mendaftar|mendaftarkan diri) sebagai jamaah.

kaleidico-RDYdOvk8ats-unsplash.jpg

Photo by Kaleidico on Unsplash

Kami menyarankan supaya selalu waspada saat menyerahkan dana tabungan umrah Anda. Apabila Anda tidak yakin terhadap keamanan dana yang Anda serahkan, maka Anda bisa mencari alternatif untuk menabung umrah.

Memilih Cara Menabung Umrah

Seperti yang kami singgung di poin sebelumnya, Anda bisa memilih alternatif lain untuk menabung umrah. Ada berbagai macam cara menabung umrah, seperti :

  • Tabungan Umrah di Bank. Anda bisa membuka tabungan khusus umrah di bank syariah atau BMT dengan setoran awal yang cukup ringan dan setoran selanjutnya nominalnya ditentukan oleh bank (menggunakan metode autodebet) atau setoran bebas dengan minimal jumlah penyetoran tertentu. Program ini bisa membuat Anda lebih konsisten menabung untuk umrah.
  • Tabungan Umrah di Travel. Biasanya, ada program penyetoran deposit dan angsuran untuk pembayaran paket umrah di travel. Karena program di tiap travel berbeda-beda, ada baiknya Anda bisa mencari tahu infonya di travel dan memilih tabungan umrah di travel sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Tabungan Umrah Konvensional. Jika Anda lebih suka menabung secara konvensional di celengan atau amplop dengan uang tunai, tidak ada salahnya menggunakan cara ini. Tentunya setelah mencapai jumlah tertentu, menyimpan dana secara tunai dalam jumlah besar ada resiko uang Anda hilang. Jadi, lebih aman jika sudah terkumpul Anda menyetorkannya ke bank atau lembaga keuangan lainnya.
  • Menabung Logam Mulia. Mungkin ini kurang cocok dilakukan jika Anda akan berumrah dalam waktu dekat. Namun, jika Anda ingin berangkat umrah minimal 5 tahun dari sekarang, menabung emas bisa jadi pilihan agar nilai uang Anda tidak berkurang karena inflasi.

Mulai Menabung untuk Umrah

Cara berikutnya adalah dengan memulai menabung sesegera mungkin. Tidak ada gunanya Anda terus kebingungan untuk menabung, mulai saja dengan apa yang ada di depan Anda saat ini. Misal Anda memiliki uang 100.000 rupiah, maka Anda bisa menjadikannya setoran awal tabungan umrah, atau mulai meniatkannya untuk tabungan umrah (menyisihkannya secara terpisah dari dompet Anda).

dayne-topkin-y5_mFlLMwJk-unsplash.jpg

Photo by Dayne Topkin on Unsplash

Niat baik Anda insya Allah akan dinilai oleh Allah SWT dan teruslah berusaha untuk menambah jumlah tabungan umrah Anda secara rutin.

Buat Tantangan Menabung Umrah

Jika Anda tergolong kaum millennial, maka pasti Anda akan menyukai challenge atau tantangan menabung untuk umrah. ikuti tantangan menabung (biasanya postingan semacam ini banyak tersebar di media sosial), dan usahakan disipilin untuk mengikuti tantangan menabung tersebut hingga mencapai target yang Anda butuhkan untuk biaya umrah.

Ajaklah Orang Lain Untuk Menabung Umrah

Mengajak orang lain untuk menabung umrah bisa menambah semangat kita untuk segera mencapai target tabungan umrah. Anda dapat membuat grup khusus atau mengikuti forum yang memiliki visi yang sama dnegan Anda, yakni bisa berangkat ke baitullah dengan saling mengingatkan untuk menabung biaya umrah.

Kreatif Mencari Peluang Penghasilan lain untuk Umrah

Anda juga bisa mencari peluang di masa pandemi Covid 19 ini untuk memperoleh sumber penghasilan lain yang bisa Anda alokasikan untuk tabungan umrah. Anda dapat membuka bisnis baru, atau menjual sesuatu yang hasilnya dapat Anda alokasikan khusus di tabungan umrah.

Itulah beberapa cara supaya Anda bisa konsisten menabung untuk biaya perjalanan umrah Anda selama pandemi sehingga semangat Anda untuk beribadah umrah tetap terjaga. Apabila Anda sudah memiliki tabungan umrah, segera daftarkan diri Anda untuk umrah bersama kami. Info selengkapnya bisa diakses di website ini ya! Terima kasih.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id